Tim SAR Menemukan Kembali Dua Korban Tewas Akibat Erupsi Gunung Marapi

by -161 Views

Selasa, 5 Desember 2023 – 18:42 WIB

Padang – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang, Abdul Malik menyebutkan, tim SAR gabungan kembali menemukan dua pendaki dalam kondisi sudah meninggal dunia, Selasa, 5 Desember 2023. Jenazah kedua pendaki tersebut saat ini sedang dalam proses evakuasi.

Abdul menyebutkan, kedua pendaki yang ditemukan ini masuk dalam grup 12 pendaki yang sebelumnya dinyatakan hilang. “Dua orang korban lagi dalam kondisi meninggal dunia ditemukan. Akan dievakuasi hari ini,” kata Abdul, Selasa, 5 Desember 2023.

Sebelumnya, 11 orang pendaki ditemukan meninggal dunia. Dengan demikian, total pendaki yang meninggal dunia dalam peristiwa erupsi Gunung Marapi ini berjumlah 13 orang.

Abdul mengatakan, saat ini korban sudah dimasukkan ke dalam kantong mayat untuk segera dievakuasi dengan sistem estafet. Menurutnya, proses evakuasi saat ini terkendala hujan abu vulkanik yang disebabkan erupsi pagi tadi.

“Seluruh korban sudah di dalam kantong mayat dan dalam proses evakuasi. Masih terkendala erupsi susulan,” ujarnya.

Abdul Malik menambahkan, meski ada kendala, namun proses pencarian dan evakuasi pendaki yang menjadi korban erupsi Marapi hari ini, akan terus berlanjut. Personel yang dilibatkan dalam operasi ini sebanyak 200 orang dari berbagai unsur, dengan fokus pencarian dan evakuasi pendaki pada jarak radius 2.000 Mdpl. “Pencarian difokuskan di area radius 2.000 Mdpl dari kawasan kawah atau puncak,” katanya.