Buruh Melakukan Aksi, Kemacetan di Kota Bekasi Menyebar

by -129 Views

Kamis, 30 November 2023 – 15:12 WIB

Bekasi – Aksi buruh terjadi di wilayah Kota Bekasi, pada Kamis 30 November 2023. Bahkan, aksi itu pun mengakibatkan Jalan Ahmad Yani, macet total. Antrean kendaraan mengular berkilo-kilo meter.

Pantauan di lapangan, kemacetan sudah terjadi hingga Jalan Jenderal Sudirman. Tak hanya itu, antrean kendaraan juga berimbas ke gerbang tol Bekasi Barat.

Koordinator Aksi, Yusuf Kuncir mengatakan, aksi yang dilakukan rekan-rekannya hanya dilakukan di masing-masing daerah. Menurutnya aksi ini belum termasuk mogok nasional.

“Target kita hari ini adalah melumpuhkan wilayah di kabupaten kota yang ada di Jawa Barat, jadi di kota Bekasi ini kita baru permulaan kira ada di pintu tol,” kata Yusuf, Kamis 30 November 2023.

Bahkan, dia mengaku massa bakal kembali bertambah sekitar pukul 16.00. Kedatangan buruh akan terjadi ketika adanya kepulangan buruh yang sudah bekerja sejak pagi hari.

“Harapannya nanti setelah shift satu teman-teman harapannya bisa lebih maksimal masa aksinya di kota Bekasi,” imbuhnya.

Yusuf menjelaskan, Kamis ini merupakan hari terakhir penetapan UMP. Makanya, dia bersama buruh lainnya akan mengawal dan menunggu hasil keputusan PJ Gubernur Jawa Barat.

Berdasarkan informasi, Pj Gubernur Jawa Barat akan menggunakan opsi PP 51 Tahun 2023 dengan kenaikan upah sekitar 2,82 persen jauh dari yang diharapkan oleh para buruh yaitu 14,02 persen.

Hingga berita ini diturunkan, masaa belum membubarkan diri. Bahkan, aksi itu juga berlanjut di wilayah Kabupaten Bekasi.