Menolak Gerakan Massa dari Luaraan

by -135 Views

Rabu, 29 November 2023 – 06:14 WIB

Bitung – Organisasi Kemasyarakatan Adat Minahasa dan Organisasi Keagamaan Muslim bersatu dalam deklarasi damai yang diselenggarakan di Riverside Resto n Cafe, Girian, Kota Bitung, Sulawesi Utara, pada Selasa (28/11/2023) siang.

Acara ini dihadiri oleh Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Pejabat Utama Polda Sulut, Danrem 131/Santiago, Danlantamal VIII Manado, Dandim 1310/Bitung, Kapolres Bitung, Wali Kota Bitung bersama Forkopimda Kota Bitung. Tokoh agama, adat, dan masyarakat, serta ketua dan anggota Organisasi Kemasyarakatan Adat Minahasa dan Organisasi Keagamaan Muslim di Kota Bitung juga turut hadir.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti oleh pembacaan naskah deklarasi damai oleh Ketua Organisasi Kemasyarakatan Adat Minahasa dan Ketua Organisasi Keagamaan Muslim di Kota Bitung, serta partisipasi seluruh peserta.

Selanjutnya, dilaksanakan penandatanganan bersama deklarasi damai oleh ketua dan perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Adat Minahasa, ketua dan perwakilan Organisasi Keagamaan Muslim di Kota Bitung, Kapolda Sulut, Wali Kota Bitung, dan sejumlah pejabat lainnya.

Adapun isi deklarasi damai Organisasi Kemasyarakatan Adat Minahasa dan Organisasi Keagamaan Muslim di Kota Bitung, yaitu:

1. Sepakat untuk mengakhiri setiap konflik yang terjadi secara damai
2. Mendukung penegakan hukum terhadap pelaku yang terlibat, secara transparan, dan berkeadilan
3. Menolak segala bentuk provokasi, pergerakan massa dari luar Kota Bitung, maupun pemberitaan melalui media sosial yang sifatnya hoax yang berkaitan dengan permasalahan di Kota Bitung
4. Bersama menjaga keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat Kota Bitung.

Di penghujung kegiatan, dilakukan doa bersama lintas agama. Berturut-turut dipimpin oleh Pemuka Agama Islam, Kristen, Hindu, dan Konghucu. Kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto menegaskan bahwa tujuan deklarasi damai ini adalah untuk menghasilkan sebuah komitmen bersama-sama seluruh masyarakat yang ada di Kota Bitung untuk sepakat dengan beberapa hal yang sudah disampaikan atau dideklarasikan.

Irjen Pol Setyo Budiyanto berharap agar hasil pertemuan dan deklarasi damai di Kota Bitung ini bisa disampaikan kepada masyarakat luas.