Kongres HMI Memiliki Dibyo Gumelar Sebagai Kandidat Terkuat untuk Menjadi Ketua Umum

by -137 Views

Selasa, 28 November 2023 – 22:00 WIB

Jakarta – Menjelang akhir tahun, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar Kongres untuk memilih Ketua Umum pengganti Raihan Ariatama yang telah menjabat periode 2021–2023. Kongres ke-32 ini dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat pada 24–29 November 2023.

Dalam kongres yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, terdapat berbagai rangkaian kegiatan yang pada bagian akhirnya ditutup dengan pemilihan Calon Ketua Umum Pengurus Besar HMI (PB HMI).
Salah satu calon ketua umum yang menjadi bagian untuk berpartisipasi dan ikut memperjuangakan HMI, Dibyo Gumelar Al’Arighi, yang merupakan seorang kandidat ketua HMI, merupakan alumni terbaik Teknik Sipil di Universitas Gajah Mada.

Tema yang diusung Dibyo Gumelar dalam Kongres tahun ini yakni “Generasi Baru HMI Dalam Menyongsong HMI Masa Depan”.
“HMI harus kembali pada rumusan normatif yang bersifat independen, mengembalikan fungsi organisasi kader dan beridentitaskan Islam dengan corak nasional. Mengutip sebuah tulisan karya M.Shohibuddin yang berjudul Re-Thingking HMI, perlu untuk segera melakukan rekayasa organisasi yang mengacu pada nilai-nilai dasarnya untuk dapat memenuhi berbagai tuntutan dari perkembangan yang ada,” ujar Dibyo, kandidat Ketua Umum, pada Selasa, 28 November 2023.

Pengurus HMI seperti Ketua Umum HMI Cabang Baturaja, Ketua Umum HMI Cabang Bulaksumur dan sekretaris umum HMI Cabang Semarang, serempak menegaskan bahwa Dibyo merupakan pribadi yang cocok sebagai seorang pemimpin.
“Saya mengenal Dibyo dengan baik, baik dari kepribadian nya maupun tentang kepemimimpinannya dari pemikiran dia seringkali out of the box dan kritis. Dengan kecakapan intektualitasnya yang tebukti dari latar belakang pendidikannya di Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada, saya percaya bahwa hari ini role model yang tepat untuk memimpin HMI di generasi ke empat adalah Dibyo yang kritis, argumentatif dan solutif dalam menjawab tantangan jaman,” ujar Ketua Umum HMI Cabang Baturaja, Novri Helmy.

“Kami mengenal bang Dibyo sebagai salah satu kader terbaik HMI Cabang Bulaksumur Sleman yang memiliki pengalaman dan kontribusi baik dalam dinamika perkaderan di HMI. Dengan pengalaman, kontribusi dan gagasan yang diusung, kami percaya bahwa bang Dibyo mampu memimpin HMI,” ucap Ketua Umum HMI Cabang Bulaksumur, Asep Mahendra.

Kongres ke-32 yang akan datang adalah momentum untuk bagi setiap kader mengejawantahkan setiap ide dan gagasan.
Sebab, rasa-rasanya, HMI perlu kembali menjadi gerakan substansial. Jika HMI sebagai organisasi adalah pohon dan karya adalah buah, maka kongres mendatang adalah media yang harus dipupuki oleh zat-zat yang memicu pertumbuhan maksimal organisasi.
Hanya dengan ide dan gagasan, HMI dapat tumbuh menjadi organisasi yang mampu membangkitkan kesadaran praktis dalam menyelesaikan persoalan ummat, rakyat, bangsa dan dunia.

Sekretaris umum HMI Cabang Semarang, Agus Prasetia Wiranto, juga menyatakan bahwa saat ini Dibyo menjadi kandidat terkuat dalam pemilihan Ketua Umum HMI.
“Saya dengan senang hati memberikan testimoni untuk Dibyo Gumelar sebagai kandidat Ketua Umum PB HMI. Saya telah mengenal Dibyo dengan baik. Dibyo adalah individu yang memiliki pemikiran yang kritis. Setiap kali kita berdiskusi, saya selalu terkesan dengan sudut pandangnya yang inovatif dan keberaniannya untuk mengeksplorasi ide-ide baru.”
Dengan integritas yang tinggi dan dedikasinya terhadap nilai-nilai HMI, Agus yakin Dibyo akan membawa PB HMI ke arah yang lebih baik.
“Saya dengan tulus merekomendasikan Dibyo sebagai pemimpin yang kompeten dan berkomitmen untuk memimpin #HMIMASADEPAN yang lebih cerah.”

Halaman Selanjutnya