Ijtima Ulama Minta Persetujuan atas 13 Poin Pakta Integritas, Anies: Kami Sedang Melakukan Review

by -178 Views

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) mendapat dukungan penuh dari sejumlah tokoh nasional dalam Ijtima Ulama. Ada syarat berupa 13 pakta integritas dari Ijtima Ulama untuk mendukung pasangan nomor urut 1 tersebut.

Terkait hal ini, Anies menyatakan bahwa sampai saat ini masih dalam tahap pembahasan bersama. “Mengenai Pakta Integritas kami sedang meninjau, dan nanti akan kami bahas bersama-sama,” ujar Anies Baswedan, Selasa, 21 November 2023.

Dia menjelaskan bahwa pakta integritas tersebut harus dibahas secara seksama. Hal tersebut harus mengedepankan kepentingan publik hingga peraturan yang ada. Anies menyatakan bahwa pada prinsipnya, mereka akan melakukan kegiatan pakta integritas dengan banyak pihak.

Anies memahami bahwa banyak pihak saat ini ingin membuat pakta integritas. Menurutnya, hal tersebut terkait janji yang belum tertunaikan. Sebelumnya, pasangan Anies dan Amin mendapat dukungan dari Ijtima Ulama pada Sabtu, 18 November 2023.

Anies mengapresiasi hasil dari Ijtima Ulama tersebut dan memandangnya sebagai amanah dan kepercayaan dari para ulama dan ikhtiar. Dia mengaku semakin bersemangat dengan hasil tersebut dan berjanji akan memegang amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dia juga mengatakan bahwa dukungan tersebut muncul atas dasar yang sama, yakni semangat perubahan untuk menghadirkan keadilan di semua aspek. Anies berkomitmen untuk memprioritaskan keadilan di semua aspek dan menjadikan dukungan Ijtima Ulama sebagai semangat untuk melakukan perubahan yang bermanfaat bagi semua.