Lemhanas Mencalonkan Pembentukan Matra Siber, Janji Agus Subiyanto untuk Mewujudkannya

by -151 Views

Jakarta – (VanusNews) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) mengusulkan adanya matra baru, yaitu matra siber, yang akan melengkapi tiga matra yang sudah ada di dalam tubuh TNI, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Menanggapi usulan tersebut, calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berjanji untuk melanjutkan wacana tersebut karena saat ini kehadiran matra siber sudah dirasa sangat mendesak.

“Siber ini di negara lain sudah menjadi satuan sendiri, nanti kita akan mengkaji, kemudian membuat pokja. Memang siber akan saya besarankan untuk menghadapi tantangan ancaman gangguan dan hambatan yang sesuai dengan tupoksinya,” kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/11/2023) usai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

Mengenai pilot Susi Air yang saat ini masih disandera kelompok OPM di Papua, Agus menyatakan, TNI akan lebih mengutamakan upaya persuasif dan pendekatan lembut dalam upaya membebaskan sandera.

“Kita akan menggunakan kekuatan cerdas, kita akan mengedepankan dialog. Insyaallah bisa selesai dalam waktu dekat,” tutup Agus Subiyanto.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid setelah rapat internal Komisi I DPR RI yang berlangsung tertutup mengatakan, Komisi I DPR RI menyetujui pengangkatan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

“Rapat internal Komisi I DPR RI memutuskan poin pertama menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasinya. Komisi I juga memberikan persetujuan untuk Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” kata Meutya.

Meutya menuturkan tidak ada catatan yang diberikan anggota Komisi I DPR RI mengenai terpilihnya Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru.

“Tidak ada catatan, hanya harapan. Adapun pesan-pesan yang dititipkan oleh Komisi I di antaranya adalah netralitas TNI, yang kedua profesionalitas prajurit, kemudian kesejahteraan prajurit dan lain-lain nanti bisa ditambahkan oleh beliau. Kurang lebih itu dari Komisi I.”

Komisi I DPR RI, tambah Meutya, tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada calon Panglima TNI serta para awak media yang hadir pada uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI hari ini.

“Komisi I DPR RI mengucapkan terima kasih kepada calon Panglima TNI dan juga teman-teman pers yang sudah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan ini dari pagi sampai siang,” tutup Meutya Hafid. VN-DAN