Komisi I DPR Bersedia Melakukan Fit and Proper Test Terhadap Surpres Panglima TNI, Sufmi Dasco

by -178 Views

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa dalam waktu dekat, Komisi Pertahanan (Komisi I) DPR RI siap untuk melakukan fit and proper test terhadap calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono yang akan segera memasuki masa pensiun.

“Sesuai dengan jadwal yang akan ditentukan oleh rapim dan bamus, kita akan melakukan rapat pimpinan dan badan musyawarah pekan depan, sekitar hari Selasa. Kemudian rangkaian fit and proper test akan dilakukan oleh Komisi I,” kata Dasco kepada wartawan pada Kamis (2/11/2023).

Wakil Ketua DPR RI, Dasco memperkirakan bahwa fit and proper test untuk Panglima TNI kemungkinan akan dilaksanakan pada tanggal 15 atau 16 November.

“Kami masih menyesuaikan waktu tersebut, kita perlu melakukan rapim dan bamus sebagai penugasan dalam rapat paripurna,” tambah Sufmi Dasco Ahmad.

DPR telah menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai calon panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada akhir November ini. Nama yang diusulkan oleh Jokowi adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto.

“Nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, MSI, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” ujar Ketua DPR Puan Maharani saat menyampaikan isi surpres tersebut pada Selasa (31/10/2023).

Setelah menerima surpres tersebut, DPR akan menugaskan Komisi I untuk menjalankan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Agus. Mekanisme tersebut wajib dilaksanakan dalam waktu maksimal 20 hari setelah surpres diterima.

“Oleh karena itu, sesuai dengan mekanisme yang ada, DPR akan memulai proses mekanisme di DPR untuk menindaklanjuti surat usulan pengganti calon panglima sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku di DPR,” jelas Puan.

“Pagi-pagi semoga proses ini berjalan lancar dan baik, sehingga Panglima TNI yang akan datang dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan panglima,” tambah Puan.

Sebelumnya, Agus telah dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Rabu (25/10/2023). Agus menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun pada akhir November 2023.