Pendukung Massa Jokowi Tampak Lebih Memihak ke Prabowo-Gibran, Elektabilitas Meningkat.

by -172 Views

Basis massa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilaporkan akan mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Elektabilitas pasangan tersebut juga dinilai semakin kuat.

“Dilihat dari crosstab yang kami lakukan, mayoritas orang memilih PDIP karena figur Pak Jokowi, oleh karena itu basis massa Pak Jokowi akan mendukung pasangan Prabowo – Gibran,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional, Gema Nusantara Bakry.

Gema menambahkan bahwa hal ini terbukti dengan banyaknya simpul-simpul relawan Jokowi yang mulai mendukung Prabowo. Dengan dukungan dari elemen-elemen relawan Jokowi tersebut, pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan yang masif menjelang Pilpres 2024.

Dukungan dari relawan Jokowi tersebut berpotensi menguatkan elektabilitas Prabowo-Gibran. Mereka melihat bahwa pasangan tersebut akan melanjutkan program dan kinerja Presiden Jokowi di masa depan.

“Dukungan dari Projo, Budiman Sudjatmiko hingga Ade Armando yang kini berbalik mendukung itu melihat Prabowo-Gibran berkomitmen untuk melanjutkan program pemerintahan saat ini yang dinilai sudah baik,” kata Gema.

Dalam data Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada periode 16-18 Oktober 2023, dukungan para pemilih Jokowi yang kini memilih Prabowo mencapai 35,5 persen. Sementara itu, pemilih yang masih setia mendukung Prabowo sejak Pilpres 2019 mencapai 65,2 persen.